Friday, February 2, 2018

10 Pahlawan nasional Yang Paling Menginspirasi Bangsa Indonesia

10 Pahlawan nasional Yang Paling Menginspirasi Bangsa Indonesia

10 Pahlawan nasional Yang Paling Menginspirasi Bangsa Indonesia

TanpaJasa. - Bulan Agustus jadi bln. yang paling terutama dalam peristiwa bangsa Indonesia. Persisnya pada tanggal 17 Agustus, semuanya rakyat di negeri ini memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Kemerdekaan dari tangan beberapa penjajah, Belanda serta Jepang ini sendiri tdk terlepas dari perjuangan beberapa pahlawan bangsa. Narasi kepahlawanan mereka juga masih tetap dikenang sampai sekarang ini. Tersebut 10 pahlawan nasional yang paling menimbulkan inspirasi bangsa Indonesia.

10.Bung Tomo.
Siapa yg tidak kenal dengan Bung Tomo? Sosok pahlawan nasional ini selamanya diidentikkan dengan Hari Pahlawan yang diperingati tiap-tiap tanggal 10 November. Pejuang sekalian tokoh jurnalis asal Surabaya itu berhasil kobarkan semangat juang rakyat Indonesia dengan semboyan ‘Merdeka atau Mati’ dalam pertempuran besar melawan pasukan penjajah di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Momen itu dikenang jadi Hari Pahlawan.

9.Mohammad Hatta 
Tokoh nasional yang lebih di kenal dengan sapaan Bung Hatta ini sebagai salah seseorang proklamator. Sejak muda, pria kelahiran Bukittinggi, 12 Agustus 1902 serta lulusan Belanda ini telah di kenal jadi aktivis serta organisatoris, sampai jadi seseorang negarawan yang seringkali mengikuti Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Setelah merdeka, dia juga diangkat jadi Wakil Presiden Indonesia, dengan Soekarno jadi presiden.

8.Pattimura 
Dia sebagai panglima perang dalam perjuangan rakyat Maluku melawan VOC Belanda. Dibawah komando Pattimura, beberapa kerajaan Nusantara seperti Ternate serta Tidore menyatu hadapi penjajah pada th. 1817. Tetapi, pria yang bernama asli Thomas Matulessy ini tertangkap serta digantung di Ambon pada tanggal 16 Desember 1817. Saat ini namanya juga dikenang jadi pahlawan nasional, serta jadikan nama jalan, stadion serta kampus.

7.Tuanku Imam Bonjol
Perlawanan heroik diperlihatkan oleh Tuanku Imam Bonjol dalam Perang Padri di Sumatera Barat. Selama lima th., dia dengan pasukannya berhasil buat penjajah ada masalah hadapi Kaum Padri, sampai pada th. 1838 Belanda selanjutnya bisa menangkapnya lewat tipu muslihat. Dahsyatnya pertempuran ini diabadikan berbentuk museum serta Monumen Imam Bonjol yang berada di Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

6.Cut Nyak Dhien 
Cut Nyak Dhien sebagai salah seseorang pahlawan nasional wanita dari Aceh. Dia turut memimpin perlawanan rakyat pada Belanda pada kala Perang Aceh, mulai sejak menikah dengan Teuku Umar di th. 1880. Tetapi, pada th. 1899, Teuku Umar juga gugur di tangan Belanda, maka Cut Nyak Dhien mesti berjuang sendiri memimpin pasukannya, sampai selanjutnya dia di tangkap pasukan Belanda di Meulaboh, Aceh pada th. 1901.

5Ki Hajar Dewantara
Nama Ki Hajar Dewantara identik dengan dunia pendidikan Indonesia. Bahkan juga, hari kelahiran pria asal Yogyakarta yang miliki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini pada tanggal 2 Mei juga diperingati jadi Hari Pendidikan Nasional. Debutnya dalam dunia pendidikan merupakan jadi pendiri Perguruan Taman Siswa yang ditujukan utk beberapa masyarakat pribumi pada jaman penjahan Belanda yg tidak dapat memperoleh pendidikan.

4.Pangeran Diponegoro 
Pahlawan nasional ini di kenal karna memimpin Perang Diponegoro di Jawa pada kurun saat 1825-1830, yang terdaftar jadi perang dengan korban paling banyak dalam peristiwa Indonesia. Selama lima th., perang terbuka berlangsung di beberapa daerah utam di nyaris semua Pulau Jawa. Belanda juga pernah ada masalah menundukkan Pangeran Diponegoro, di mana beberapa ribu serdadu mereka jadi korban serta memicu kerugian 20 juta gulden.

3.RA Kartini 
Salah seseorang pahlawan nasional wanita ini udah menggunakan beberapa hidupnya utk memperjuangkan kesetaraan hak kaumnya. RA Kartini memanglah sebagai seseorang wanita ningrat yang miliki pemikiran moderat. Dia juga membangun sekolah pribadi utk golongan wanita bernama Sekolah Kartini di Semarang pada th. 1912. Untuk kembali kenang perjuangannya, tanggal lahirnya pada 21 April diperingati jadi Hari Kartini.

2.Jenderal Soedirman 
Diangkat jadi Panglima Besar TKR (saat ini TNI) pada tanggal 18 Desember 1948 dengan pangkat jenderal, Soedirman juga segera hadapi Agresi Militer II oleh Belanda ke Yogyakarta satu hari selanjutnya. Dengan pasukan kecil serta dokter pribadi, dia mulai perlawanan gerilya sepanjang tujuh bln.. Dia juga mengomandoi kesibukan militer di Jawa, termasuk juga Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta di pimpin Letnan Kolonel Soeharto.

1.Soekarno 
Inilah pahlawan nasional yang paling menimbulkan inspirasi bangsa Indonesia. Terkecuali jadi tokoh proklamator serta Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno dikenal juga jadi pencetus basic Negara, Pancasila. Tidak cuma itu saja, dia juga merupakan seseorang orator yang handal serta politikus cerdas yang kuasai delapan bhs. Tokoh bangsa yang di kenal dengan sapaan Bung Karno ini selamanya dapat menggetarkan hati beberapa pendengarnya pas berpidato.

No comments:

Post a Comment